JUAL MINYAK GANDAPURA DI sleman obat oles rematik penghangat badan dan pegal

MINYAK GANDAPURA DI sleman obat oles rematik penghangat badan dan pegal

MINYAK GANDAPURA JOGJA READY

Gandapura, bagi sebagian orang, terutama warga Bandung, mengingatkan pada nama jalan di kawasan Merdeka, Sumur. Hanya sebagian orang, terutama kalangan usia lanjut, yang akan mengingat ke obat atau minyak gosok.

Minyak gosok gandapura menjadi obat penting untuk menghilangkan nyeri sendi, kejang otot, terkilir, rematik, peradangan, dan penyembuhan luka, tak jaug berbeda dengan obat atau minyak gosok berbahan kayu putih. Produk-produk obat gosok, terutama untuk pegal-pegal dan rematik yang menggunakan minyak gandapura sebagai bahan campuran utama, telah banyak beredar, dan tetap bertahan di tengah gempuran obat gosok produk modern.

Sama juga dengan kayu putih, minyak gandapura mempunyai kegunaan lain, yakni dalam industri makanan. Namun, seperti disebutkan peneliti LPA Oyen dan Nguyen Xuan Dung dalam “Plant Resources of Sout-East Asia: Essential Oil” terbitan Prosea, Bogor, 1999, seperti dipublikasikan di researchgate.net, karena minyak bersifat toksik, penambahannya tidak boleh terlalu berlebihan. Persyaratan yang dianjurkan adalah 0,04 persen atau untuk campuran permen sekitar 0,2 – 0,5 mg/100 mg.

Gandapura memiliki nama ilmiah dalam bahasa Latin Gaultheria punctata, Blume, dengan nama sinonim Gaultheria fragrantissima. Daun dari tumbuhan perdu inilah yang dimanfaatkan sebagai campuran obat atau minyak gosok. Nama dagang minyak yang dihasilkan dari penyulingan daun gandapura adalah yang lazim dikenal adalah wintergreen, methyl salicylate, wintergreen oil, minyak gandapura, gaultheria oil, betula oil, atau oleum betulae.

Mengutip dari toxicologycentre.com, tumbuhan gandapura dalam bahasa Inggris disebut fragrant wintergreen atau indian wintergreen. Di India, gandapura memiliki beberapa nama lokal, yakni charmapatra, hermantaharita, nilaphala, swetapuspa, tailapatra (Sanskrit), gandapura (Hindi), hamantaharitam, gandhapura (Malayalam). Nama lain, seperti disebutkan situs flowersofindia.net adalah kolakkai (Tamil), dan dhasingare, padakine, patapate, machino (Nepali).

Tim Herbarium Fakultas Farmasi UGM, seperti dimuat di academia.edu, menyebutkan gandapura adalah tumbuhan perdu. Batangnya tegak berkayu, bulat licin, cokelat. Gandapura berakar tunggang, berwarna kuning kecokelatan.

Daunnya tunggal, berseling, lonjong, berukuran panjang 7,5-10 cm dan lebar 3-4,5 cm, dengan ujung runcing, pangkal membulat, tepi bergerigi, petualangan menyirip, dan berwarna hijau.

Bunganya adalah tipe bunga majemuk, bentuk tandan, di ketiak daun, dengan tangkai silindris, berukuran panjang 7-10 cm. Kelopak bunganya berbentuk corong, hijau, benang sari panjang sekitar 1 mm, putih, kepala sari bentuk taju, tangkai putik putih kehijauan, kuning.

Buahnya batu, bulat, berdiameter 3-5 cm, hitam. Bijinya kecil, putih, pipih.

Minyak Gandapura Walikukun (Khusus Obat Luar)

Minyak Gandapura Walikukun 60 ml Murah

Minyak Gandapura Walikukun 60 ml Dapat Mengatasi Encok & Lain-lain

Khasiat :
– Mencegah masuk angin
– Reumatik
– Encok
– Menghangatkan badan, dll

Komposisi :
Minyak gandapura (Oleum gaulteriae) 100%

Cara pemakaian :
Gosokkan minyak ini pada bagian yang sakit sampai terasa hangat dan nyaman

This entry was posted in Minyak and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *